You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Jelang Natal dan Tahun Baru, Penumpang di Rawamangun Melonjak 20 Persen
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Penumpang di Terminal Rawamangun Naik 20 Persen

Liburan sekolah sekaligus jelang perayaan Hari Raya Natal dan tahun baru, lonjakan penumpang di Terminal Rawamangun, Jakarta Timur mulai terasa. Bahkan sejak Sabtu (19/12) lalu, kenaikan penumpang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sudah mencapai 20 persen.

Saat ini memang ada lonjakan penumpang namun jumlahnya belum signifikan, hanya sekitar 20 persen. Puncak lonjakan penumpang diperkirakan terjadi pada H-2 Natal

"Saat ini memang ada lonjakan penumpang namun jumlahnya belum signifikan, hanya sekitar 20 persen. Puncak lonjakan penumpang diperkirakan terjadi pada H-2 Natal," ujar Bastian, Kepala Terminal Rawamangun, Senin (21/12).

Menurut Bastian, saat Sabtu lalu, yang biasanya diberangkatkan hanya 38-40 bus AKAP, meningkat menjadi 60 bus. Dan jika dirata-rata perhari, penumpang yang hanya 220 orang, mulai meningkat menjadi 335.

47 Angkutan Umum Terjaring Razia Gabungan

Memang sebenarnya untuk Terminal Rawamangun merupakan tempat transit bus AKAP dari Terminal Pulogadung. "Kelihatannya memang penuh tapi sebenarnya itu banyak pengantarnya. Satu penumpang bisa diantar 3-4 orang. Jadi belum tentu kerumunan orang itu penumpang semua," ucapnya.

Beberapa jurusan yang dituju oleh penumpang yang berangkat dari Terminal Rawamangung antara lain jurusan Pati, Kudus, Jepara dan Surabaya. Kendati ada lonjakan penumpang, tarif angkutan masih normal, belum ada kenaikan. "Untuk jurusan Sumatera tidak terlalu banyak karena kebanyakan pemudik menggunakan pesawat kalau ke sana," tuturnya.

Sementara, Mariyam (50) salah seorang calon penumpang mengatakan, sengaja mudik lebih cepat untuk mencegah kepadatan penumpang lebih banyak lagi. Selain itu juga menghindari terjadinya kenaikan tiket dan kemacetan lalu lintas di sepanjang perjalanan.

"Rencana mau Natalan di kampung halaman biar lebih tenang. Makanya hari ini mudik bersama keluarga. Kalau mudiknya besok atau lusa takutnya jalanan macet dan tiketnya naik," tandas ibu tiga anak ini.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1230 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1165 personTiyo Surya Sakti
  3. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1162 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1134 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1063 personNurito